Antara S2 dan S3 komputer

Apa sih bedanya? sebelum saya ajak diskusi tentang bedanya, mungkin perlu di ketahui dulu kalau yang saya diskusi khan ini sebenarnya masih terbatas di area saya, ilmu komputer, jadi di area lain pasti punya pandangan yang berbeda.

Perbedaan yang paling jelas adalah dari lingkup kerjanya. S3 pasti berhubungan dengan riset, sehingga di S3 pematangan ilmu diarahkan dengan investigasi atau studi tentang suatu masalah. Di beberapa sekolah, S2 juga kadang di pilah menjadi S2 by courses atau S2 by research. S2 by courses (dengan kuliah) difokuskan pada pematangan ilmu atau pendalaman ilmu yang lebih konvergen dibandingkan kuliah S1.  S2 by research (dengan aktivitas riset) di fokuskan pada pendalaman ilmu untuk penguasaan area tertentu.

Perbedaan riset S2 dan S3 ditekankan pada hasil yang di  capai. S3 menekankan pada penemuan baru yang memberikan sumbangan baru, sedangkan S2 lebih pada pendalaman bidang tertentu. Nah disini bisa terjadi gray area. Karena pendalaman ilmu juga bisa relatif menjadi penemuan baru, sehingga nampaknya disinilah dibutuhkan keahlian dari pembimbing S2 untuk mengarahkan mahasiswanya. Karena jika tidak diarahkan bisa terjadi kualitas S3 tapi dipandang sebagai S2.

…bisa terjadi?

Jelas bisa, dan sudah terjadi di rekan saya dulu (mungkin hanya satu kasus dari banyak kasus yang pernah terjadi). Tapi kualitas kerjanya sudah melebihi S2, dan saya rasa ini kesalahan pembimbing yang seharusnya bisa membatasi pekerjaannya.

Jadi tidak boleh?

Bukannya tidak boleh, tapi jika sudah melebih kualitas untuk S2, sudah sewajarnya jika pembimbing membantu untuk meng-upgrade pekerjaan si mahasiswa untuk menjadi S3, atau pilihannya ya dibatasi jangan sampai pekerjaannya melebihi kapasitas untuk S2.

Ada pendapat?

2 Responses to “Antara S2 dan S3 komputer”

  1. Mungkin perlu juga dipertimbangkan dari sisi manfaat dari peenelitian yang digarap, baik dari sisi keilmuan dan terutama bagi negara yang tengah sakit ini.
    Meskipun demikian dari sisi tingkat originalitas mestinya s3 harus lebih baik…..novelty…?

  2. B. Hendradjaya Says:

    setuju, memang sisi originalitas dari s3 harus lebih baik. terimakasih komentarnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: