copy meng-copy program….

Dulu jaman kuliah saya sering mengcopy software bajakan. Jaman itu saya punya XT-12 Mhz, yang dilengkapi dengan floppy drive, dan sudah ada harddisk 10MB.  Jadi yang tersedia di toko kecil itu ya media floppy disk.  Untuk keperluan saat itu saya cukup bayar Rp. 500 (?) untuk mengcopy 1 disket (atau Rp. 1000). Ehm.. sebenarnya bukan toko sih, tepatnya rumah. Kalau sudah biasa kita tinggal masuk saja, dan di dalam tinggal liat-liat koleksinya dan bisa di copy kan saat itu juga. Waktu itu lumayanlah bisa untuk mencukupi kebutuhan untuk ngetik sama bikin program. Dulu sih ngetiknya pake WS atau ChiWriter, atau buat program pakai Turbo Pascal atau Turbo C.

Oya kalau mau kita juga bisa membeli buku bajakan juga di toko yang sama. Buku bajakan ini, buku yang di-copy tidak resmi.

Hingga selesai akhir kuliah, toko semacam ini masih ramai. Bahkan akhirnya ada toko khusus yang menjual buku bajakan. Lumayan lah koleksinya. Kalau gak ada toko buku ini, pasti pengetahuan saya masih minim, juga kalau gak ada toko program bajakan itu , mungkin pengalaman saya juga terbatas.

Saat ini kemudahan meng-copy program bajakan sudah lebih di permudah dengan adanya internet. Banyak program bisa di download secara illegal dari berbagai site di internet.

Juga berbagai macam buku dalam bentuk softcopy yang lebih di kenal dengan nama e-book dapat di download di beberapa tempat underground.

Sebenarnya saat itu saya juga tahu bahwa membeli program atau buku semacam itu termasuk aktivitas illegal. Tapi rasanya tidak ada rasa bersalah atau takut untuk melakukan itu. Ketika akhirnya saya harus keluar negeri untuk beberapa tahun, barulah akhirnya saya menyadari sepenuhnya bahwa aktivitas itu cukup di haramkan.

Aktivitas itu dianggap melanggar hak cipta, dan tentu saja ada undang-undang yang diperlakukan dengan ketat (sangat berbeda dengan di Indonesia, undang-undangnya ada, tapi perangkat penyelenggara undang-undang masih jauh dari ideal).

Jadi? stop nih copy-mengcopy nya?

Duh.. bingung juga menjawabnya gimana. Masalahnya kalau tidak melakukan itu saya harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit. Mengingat kondisi dan keperluan saya wah sulit sekali untuk tidak melakukan itu.

Jadi maaf nih.. saya belum bisa lepas dari kebiasaan ini. doain saja suatu ketika tidak perlu lagi saya lakukan ini.

One Response to “copy meng-copy program….”

  1. setujuuuu…. ;))

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: