Import Hasil Google Scholar ke Endnote

Google Scholar (http://scholar.google.com) sering digunakan untuk menemukan suatu artikel dari suatu jurnal atau konperensi/seminar.  Beberapa artikel bahkan bisa di download secara gratis, tapi sayang tidak semuanya.  Jika suatu tulisan  sudah ditemukan, biasanya kita akan mereferensi tulisan tersebut di dokumen yang sedang kita kerjakan.

Endnote adalah perangkat lunak yang biasa digunakan untuk memudahkan referensi itu.  Endnote juga membantu memberikan referensi otomatis di akhir dokumen kita.  Untuk yang biasa menggunakan Endnote, tentunya pernah mengalami kebosanan untuk  mengetik ulang referensi nama pengarang, judul, tanggal penerbitan publikasi, dan data lain. Belum lagi judul yang harus tepat dan nama pengarang yang harus persis sama dengan yang aslinya.

Google scholar bisa membantu membantu meng-import hasilnya ke Endnote.  Tapi kita harus melakukan perubahan terhadap preferensinya. Perubahana preferensi di lakukan dengan mengklik  ‘Scholar Preferences’ dan dibagian ‘Bibliography Manager’ kita minta import untuk ‘Endnote’.

Untuk selanjutnya setelah di simpan, pencarian lewat google search selanjutnya akan memberikan link untuk import ke Endnote.

Link itu bisa di download, dan selanjutnya bisa diimport dari Endnote.

Penjelasan disertai gambar bisa dilihat di: http://www.bayuh.com/2010/09/22/import-google-scholar-endnote/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: